Pages

Selasa, 09 April 2013

CrossBlue, SUV 6 Penumpang Pesaing Ford Eksplorer

Detroit, KompasOtomotif - VW menyiapkan SUV baru Tiguan untuk pasar entry level dan Touareg di kelas premium. Nah, di kelas menengah disediakan crossover 3 baris dengan kapasitas 6 penumpang, CrossBlue. Konsepnya telah diperkenalkan di NAIAS 2013, di Detroit, yang kini sedang berlangsung. Secara spesifik, para insyinyur VW menyiapkan untuk pasar Amerika Utara.

Platform menggunakan Modular Transverse Matrix atau sering disebut MQB, yang sebelumnya telah dipakai pada Golf, Audi A3 dan Seat Leon. Dimensinya, panjang 4.986 mm, lebar 2.014 dan tinggi 1.732 mm. Postur tersebut lebih besar dari Touareg dan agak mirip dengan Ford Eksplorer sebagai rival terdekatnya. Diklaim ruang kabin maupun bagasi lebih lapang

Memang, idealnya CrossBlue memuat  6 orang, namun kursi tengah bisa diatur sebagai tempat duduk tambahan. Trus, jok belakang bisa disetel untuk duduk anak-anak ukuran normal.

Bagasi dalam kondisi normal (semua jok dipakai) memiliki volume 335 liter. Jika baris ketiga dilipat mencapai 812 liter. Kalau masih kurang juga jok tengah tidak difungsikan menghasilkan ruang 2.000 liter.

Hibrida
Jantung pacunya diesel hibrida berkapasitas 2,0 liter Turbo Direct Injection (TDi) mampu menghasilkan 190 PS yang dipakai untuk menggerakkan roda depan. Sementara motor listriknya berdaya 114 PS untuk memutar roda belakang. Jika keduanya digabungkan mampu menghasilkan 305 PS dan 700 Nm. Pemindah gaya sistem otomatis kopling ganda, DSG.

Kemampuan berakselerasi 0 - 100 kpj dicapai dalam 7,5 detik. Sedangkan kecepatan maksimum bisa digeber sampai 204 kpj. Baterai lithium-ion dalam kondisi penuh mampu bergulir hingga 23 km. Sistem pengisian ulang bisa berasal dari mesin TDI (lazimnya model hibrida) atau bisa mengambil daya dari listrik rumahan.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar