Pages

Selasa, 09 April 2013

BMW i3 Digendongi Mesin Sepeda Motor

Munich, KompasOtomotif - BMW telah meningkatkan jarak tempuh i3 plug-in hybrid  bermesin 3 silinder dari semula antara 96 km sampai 144 km menjadi 400 km. Bertambahnya rentang jelajah  karena ada penambahan mesin sepeda motor yang berfungsi sebagai generator untuk proses pengisian baterai.

Mesin sepeda motor tersebut dua silinder punya BMW  9tidak disebutkan kapasitasnya) dan diletakkan di bagasi. Penempatan di belakang agarn untuk menghasilkan titik berat di tengah (50:50) dengan pusat gravitasi rendah. Efeknya, mampu memberikan stabilitas yang baik dan daya cengkeram optimal. Ditambah penggunaan suspensi spring struts axle di depan dan multilink belakang berkarakter sport.

Tapi, untuk kenyamanan berkendara, pada i3 bermesin tiga silinder ini tak ditemukan moda Sport maupun Sport+, hanya tersedia "comfort", "Eco Pro" dan Eco Pro+". Untuk pemakaian yang terakhir bisa memperpanjang jarak tempuh menjadi 20 persen bila dibantu dengan membatasi suhu udara di ruang kabin.

Motor listriknya sendiri mempunyai tenaga 170 PS dan mampu melesat 0 - 100 kpj dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimum dibatasi hingga 150 kpj. Kondisi baterai yang sekarang hanya bisa menempuh jarak sampai 144 km. Dengan adanya peningkatan itu, konsumen akan ditawari pilihan.

Untuk fitur, BMW melengkapi dengan teknologi One Pedal Control (kontrol satu pedal untuk akselerasi dan deselerasi berdasarkan injakan pedal), Active Brake Control (aktif hingga 60 kpj, termasuk sensor terhadap pejalan kaki), Park Assist (termasuk navigasi otomatis), Congestion Assist (pantauan kemacetan), Range Assist (penunjuk lokasi pengisian), Precondition Assist (info waktu pendinginan, suhu mesin dan isi ulang baterai—bisa menggunakan koneksi telepon pintar), dan Navigasi Assist (termasuk semua layanan standar sistem navigasi).

Menurut Herbert Diess, Kepala Pengembangan dan Penelitian BMW, seperti dikutip Automotivenews (21/1), varian dengan tambahan mesin sepeda motor ini diperkirakan akan menarik perhatian 50 persen calon pembeli i3. Rencananya penjualan akan dimulai akhir 2013 atau awal tahun depan.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar