Pages

Rabu, 25 September 2013

ASEAN lanjutkan rencana bangun jaringan pipa gas

Nusa Dua, Bali (ANTARA Newsa) - Pertemuan para Menteri Energi ASEAN (AMEM) ke-31 sepakat melanjutkan rencana pembangunan jaringan pipa gas Trans-ASEAN melalui perpanjangan nota kesepahaman proyek tersebut hingga 2024.

"Para menteri energi menandatangani perpanjangan MoU proyek Trans-ASEAN Gas Pipeline untuk sepuluh tahun lagi hingga Mei 2024," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik saat membacakan Pernyataan Bersama AMEM ke-31 di Nusa Dua Bali, Rabu.

Jero mengatakan, proyek jaringan pipa gas tersebut merupakan upaya mewujudkan konektivitas energi dari anggota Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN).

Selain sektor gas, para menteri energi ASEAN mendorong konektivitas bidang kelistrikan melalui proyek ASEAN Power Grid.

Indonesia dan Malaysia bahkan sudah menandatangani kontrak kerja sama pembangunan pembangkit listrik mulut tambang berkapasitas 2.000 MW. "Papua Nugini juga sudah menyatakan minatnya untuk melakukan kerja sama serupa," katanya.

Menurut Jero Wacik, tiga fokus yang dibahas dalam pertemuan AMEM ke-31 yaitu mengembangkan diversifikasi energi dan energi terbarukan, mengurangi ketergantungan minyak bumi dan meningkatkan efisiensi energi.

Rencana Aksi Kerja Sama Energi ASEAN 2010-2015 juga akan terus dijalankan melalui langkah memperkuat ketahanan energi regional, menciptakan kebijakan energi regional yang responsif serta melibatkan swasta dalam mengamankan cadangan energi.

Dalam pertemuan selama tiga hari ini hadir para menteri dan delegasi dari Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Pertemuan dihadiri pula oleh delegasi negara mitra dialog ASEAN yaitu China, Jepang, Korea Selatan, Australia, India, Selandia Baru, Rusia dan Amerika Serikat.

Pada rangkaian acara AMEM ke-31 diselenggarakan Forum Bisnis Energi ASEAN dan pemberian ASEAN Energy Award bagi para pemenang kompetisi bidang energi di kawasan ASEAN, kata Jero Wacik.

Para menteri energi sepakat bahwa pertemuan AMEM ke-32 pada 2014 akan berlangsung di Laos.
(F004/Z002)



View the original article here



Peliculas Online

0 komentar:

Posting Komentar