Pages

Minggu, 27 Januari 2013

SUV Kompak Terbaru Honda, Disiapkan Menjadi Crossover

Detroit, KompasOtomotif – Honda bukan hanya membuka selubung konsep SUV kompak terbarunya yang baru disebut "Urban SUV Compact" yang dibangun dari basis Jazz/Fit, juga menginformasikan rencana untuk mobil ini. Honda mengumumkan, model SUV kompak terbaru Honda yang dibuat berdasarkan mobil konsep ini, mulai dijual di Jepang pada akhir tahun ini. Setelah itu diteruskan ke negara lain.

Untuk pasar Amerika Utara, SUV ini akan diproduksi pada pabrik terbaru Honda di Meksiko, dimulai pada musim semi 2014. Sedangkan penjualan di Amerika Serikat, dimulai pada akhir 2014.

Dijelaskan pula, konsep yuang diusung adalah penampilan sporti, dinamis dan unik. Honda berusaha membuat kabinnya lebih lega dengan menempatkan tangki bahan bakar di bagian tengah mobil.

Suatu hal yang menarik, Honda juga mulai menyebut konsep terbaru ini sebagai "kupe dengan dinamika crossover". Berarti, SUV ini bisa dikategorikan sebagai "crossover'. Hal tersebut makin pasti dengan konsep yang telah diumumkan Honda, yaitu urban SUV. Ya,..SUV dirancang khusus untuk bergaya bagi orang-orang di kota.

Penampilan, SUV kompak ini dinilai sangat atraktif. Desainer Honda mulai banyak menggunakan garis-garis desain runcing yang terlihat pada  lampu LED depan lima titik. Desain lampu belakang juga sama dengan depan, dengan ujung tajam-tajam. 

Gril dan lampu seakan menyatu dengan bentuk trapesium, disambungkan dengan satu garis, di tengahnya terdapat logo Honda. Secara keseluruhan mirip kupe dua pintu yang lebih tinggi. Pelek lebar membuat penampilan gagah. 

Untuk sumber penggerak Honda belum menyebutkannya secara spesifik. Kendati demikain sudah diinformasikan, akan menggunakan mesin generasi terbaru irit bahan bakar dengan pilihan, bensin, diesel dan juga hibrida. Menurut Honda, nantinya sumber tenaga tersebut disesuaikan dengan permintaan konsumen di setiap kawasan.

Dengan munculnya SUV ini, Honda berharap bisa menjual 1,5 juta unit mobil kompak termasuk Fit (Jazz) dan City. Dijelaskan pula, mulai 2016, seluruh mobil kompak Honda, tangki bahan bakarnya akan dipasang di tengah.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar